Monday, September 27, 2010

Monitor tidak mau menyala / menampilkan gambar padahal komputer sudah booting, kenapa ya?

kalau hal ini terjadi kepada Anda mungkin cara ini dapat membantu. Sebelumnya komputer jika sudah booting (setelah tombol power ditekan) maka CPU akan menyala atau mengeluarkan tanda bahwa CPU itu telah menyala misal kipasnya udah nyala. Tapi monitor tak kunjung mengeluarkan tanda-tanda kehidupan atau sudah on tetapi tak kunjung menampilkan sesuatu.
CPU yang telah booting biasanya langsung mengeluarkan suara "tiiit" khas bahwa komputer sudah mulai bekerja, namun bila yang terjadi CPU sudah menyala dan tidak ada satupun yang terjadi pada monitor meskipun telah direstart berkali-kali. inilah penyebab yang telah saya temukan dan permasalahannya beserta penyelesaiannya:
1. Jika VGA-cards nya on-board maka kemungkinan itu modul RAM agak longgar sehingga tidak pas pada slotnya. solusinya rapatkan modul RAM itu kembali atau bongakr dan pasang kembali pada slotnya dengan kencang dan pas lalau hidupkan komputer kembali.
2. Jika modul VGA nya terpisah atau bukan on-board maka periksa kembali kaki-kainya atau pin-pinya sudah terpasang pada tempat yang benar atau belum.
3. Yang paling sederhana yaitu periksa konektor VGA monitor dengan yang ada pada CPU. Kemungkinan kelonggaran bisa menyebabkan tidak tampilnya tampilan monitor meski komputer sudah booting.

Sebagai tips ;
>> Setiap pengecekan yang dilakukan harus dengan teliti.
>> Setelah itu setiap langkah pengecekan pastikan selalu dicek dengan menyalakan komputer sehingga dapat diketahui dimana kesalahannya.
segitu dulu yaaa... kalo masih bermasalah... posting comment di sini kalo aku bisa jawab aku jawab wisss....... ^_^V

Artikel Terkait

Monitor tidak mau menyala / menampilkan gambar padahal komputer sudah booting, kenapa ya?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

7 comments

Anonymous
May 28, 2011 at 7:52 AM delete

saya udah periksa semua, tapi VGA punya saya on board dan monitornyapun jadi. tapi kenapa tips yang anda berikn diatas tetap tidak bisa menyala(monitornya)??

Reply
avatar
May 28, 2011 at 7:21 PM delete

Oh begitu.. Tapi Ada kode errornya gak?? misal bunyi beep beep gitu?

Reply
avatar
May 28, 2011 at 7:35 PM delete

Oh ya tambahan lagi.. Kalo ada kode beep yang panjang atau terus-menerus. kemungkinan itu yang rusak RAM nya..

Reply
avatar
Anonymous
January 1, 2012 at 5:51 PM delete

selain dari vga apa ya soalnya monitor saya cuma nyala sampai lampu power aja dah gtu mati lagi dan bunyi d bagian blakang monitornya.CPU ga ada masalah soalnya aku coba pake monitor lain nyala.

Reply
avatar
Anonymous
August 12, 2012 at 12:53 PM delete

komputer saya itu gga pakai vga crad. jadi komputer saya itu monitornya mengambil gambarnya lewat processor. terus kenapa tuh monitor saya gga menampilkan gambarnya.
nih saya gambarkan komputer saya ketika saya nyalakan:
1. cpu bekerja biasa, tpi layar monitor gelap
2. lampu indikator tidak menyala di cpunya.
3. lampu di dvdnya menyala terus.

Reply
avatar
September 22, 2012 at 6:41 AM delete

kalau melihat keterangan anda, komputer Anda masuk ke kategori onboard VGA. jadi memori yang diambil untuk VGA diambil dari RAM.

Kemudian untuk lampu indikator CPU yang tidak menyala kemungkinan ada bagian lain yang tidak bekerja, misalnya ada kabel Power Supply yang tidak ada arusnya sehingga tidak menyala, coba cek PSU nya dulu.

Kalau pada saat booting/nyala tidak ada kode beep maka coba ganti pakai monitor yang lain kalau bisa mungkin kabel VGA monitor bermasalah atau monitor ada kerusakan.

Reply
avatar
Anonymous
March 22, 2014 at 7:51 AM delete

udah saya coba...

tpi sama saja

Reply
avatar