Thursday, November 19, 2009

Cybercrime Oh No!!!!

Cybercrime sekarang ini memang bukan menjadi hal yang tabu lagi. Kriminalitas lewat dunia internet memang telah menjadi trend untuk mendapatkan uang yang melimpah dengan cara yang "tidak halal".
Para hacker yang ingin mendapat "kebahagiaan" itu biasanya menyadap data yang dimiliki oleh para pengguna internet. Beberapa jenis kejahatan Dunia maya yang sering marak terjadi adalah sebagai berikut :
A. Kejahatan Kartu Kredit
B. Kejahatan Penyadapan Data
C. Kejahatan Pencurian Data
D. Kejahatan Pembobolan ATM
E. Kejahatan Manipulasi Data.
F. Dan masih banyak lagi.
Sebagai manusia yang tidak selalu benar dalam melakukan sesuatu, kita hendaknya berhati-hati dalam melakukan segala hal apapun. Seperti halnya bermain di dunia maya, situs-situs jejaring sosial yang sering digunakan merupakan salah satu sasaran empuk para pelaku kejahatan dunia maya. Dalam mengisi biodata dan mengisi berbagai data yang lainnya biasanya banyak orang yang mengisi dengan "sepenuh hati" atau dengan kata lain mengisi dengan selengkap-lengkapnya, padahal kita ketahui bahwa dalam situs facebook atau friendster orang lain yang bukan teman kita dapat melihat dengan mudah profil yang kita buat. Dengan berbekal biodata diri seseorang, para pelaku kejahatan dapat dengan mudah melacak dan mengobrak-abrik semua hal yang bersangkutan dengan diri orang tersebut. Mulai dari membuat "status palsu" sampai membobol kartu kredit seseorang.
sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mencegah dan menanggulangi jika terjadi cybercrime pada diri kita????
1. kalo gak punya komputer pribadi jangan sok-sokan transaksi online. hal ini biasanya banyak dilakukan bagi mereka yang suka gengsi bila melakukan transaksi secara manual. orang yang gengsi tersebut biasanya menggunakan jasa WARNET untuk melakukan transaksi online, padahal telah kita ketahui bahwa warnet merupakan komputer umum untuk digunakan banyak orang secara bergantian dan secara statis data-data yang dimasukkan oleh pengguna tersimpan di memori dan sewaktu-waktu bisa dilihat oleh orang lain.
2.

Artikel Terkait

Cybercrime Oh No!!!!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 comments

December 9, 2009 at 8:54 PM delete

hmm.. memang kejahatan makin berkembang! pokoknya harus inget kata BANG NAPI itu tuch....

Reply
avatar
December 10, 2009 at 9:05 AM delete

mas nurfani, gimana ya cara mengatasi para penghacker Facebook, soalnya facebook ku di bobol sama orang lain, padahal saya sudah punya banyak teman dari SD hingga SMP. tolong banuanya ya mas nurfani

Reply
avatar
December 12, 2009 at 8:31 AM delete

Kebobolnya itu gimana... ada ciri-cirinya gak? masalahnya ada beberapa kasus yang berbeda-beda...

Reply
avatar