Friday, July 31, 2009

Hari gini masih konvensional??? Mungkin itulah yang akan dikatakan oleh khalayak yang sering melakukan transaksi online. Tapi tahukah Anda soal "Bahaya Transaksi OnLine???" Ya.. ada banyak bahaya yang akan Anda alami ketika bertransaksi Online dan bisa-bisa transaksi online Anda terdeteksi oleh para Hacker yang tidak bertanggungjawab. Semisal pada saat Anda membayar tagihan, atau transaksi online melalui situs bank Anda. Pada saat itulah Hacker dapat dengan mudah melihat transaksi yang Anda lakukan dan dapat mengetahui data-data penting pribadi Anda, dan pada lain waktu anda mengecek saldo tabungan Anda jangan kaget jika uang Anda hilang tanpa jejak. Ada beberapa Tips yang dapat membuat Anda aman bertransaksi online.1. Jangan pernah bertransaksi online lewat warnet atau komputer berjaringan. Hal ini dapat mempermudah pihak-pihak tertentu yang ingin membobol uang Anda secara diam-diam. Sebisa mungkin gunakan komputer pribadi yang dapat dipercaya keamanannya meskipun tidak 100% aman. Jikapun tidak memiliki komputer pribadi, Anda juga masih bisa bertransaksi lewat Handphone Anda namun jangan sampai Anda terlalu sering menggunakan fasilitas ini. Gunakan layanan Handphone atau mobile banking untuk mengecek saldo saja, kalaupun ingin bertransaksi lebih baik secara konvensional datang ke bank atau atm terdekat.
2. Jangan pernah lupa logout. Hal yang paling sepele inilah yang sering dilupakan oleh para pelaku transaksi online, dan ini sangat fatal akibatnya. Dan orang-orang yang ingin menggnakan uang Anda tinggal mengeklik dan merauk keuntungan sebanyak-banyaknya. Sebisa mungkin logout terlebih dahulu sebelum menutup transaksi Anda.
3. Hati-hati dengan keylogger. keylogger adalah semacam software/hardware yang digunakan untuk mendeteksi seluruh kegiatan keyboard yang Anda gunakan. Dan parahnya lagi keylogger saat ini sudah ada yang menggunakan hardware yang bisa saja tidak diketahui oleh pengguna. Hacker sangat mudah mendeteksi kegiatan transaksi Anda dengan menggunakan keylogger ini. Pastikan pihak penyelenggara transaksi menggunakan sketsa keyboard pada tampilan dan menggunakan mouse untuk mengaplikasikannya. Demikan Tips aman bertransaksi online dari Saya. Sebenarnya masih banyak lagi tips yang berguna.
source:my CHIP 12/2008

Artikel Terkait

4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email